Kamis, 09 Juli 2015

Struktur Kontruksi dan Sistem Bangunan 2 : Rumah Tinggal Sederhana 2 Lantai



        Memasuki masa semester 2 di dunia arsitektur, mahasiswa akan dihapkan pada mata kuliah struktur kontruksi dan sistem bangunan 2. Pada mata kuliah SKSB 2 mahasiswa dituntut agar mengerti dan memahami bagaimana langkah langkah untuk merencanakan bangunan rumah tinggal dengan 2 lantai. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan sebagai tagihan menyelesaikan mata kuliah ini. Mulai dari mempelajari gambaran umum struktur rumah tinggal 2 lantai, menghitung mekanika tekniknya dan membuat maket (mock up) dari rencana atap rumah yang sudah ditentukan.
        Berikut ini adalah beberapa contoh materi yang harus diperhatikan. Materi tersebut berupa gambar kerja baik dari segi struktur, pondasi, sanitasi, rencana atap, tangga dan sebagainya.


Gb. 1
Potongan Atap Limasan


Gb. 2
Denah Instalasi Listrik Lantai Dasar

Gb. 3
Denah Instalasi Listrik Lantai Atas

Gb. 4
Detail Septitank
Gb. 5
Detail Pondasi

Gb. 6
Detail Tangga Kayu

        Tugas berikutnya di mata kuliah Struktur Kontruksi dan Sistem Bangunan 2 ini adalah tugas mekanika teknik. Tugas yang berikan adalah bagaimana cara menghitung beban batang dengan menggunakan cara analitis, grafik dan cremona. Dan yang terakhir adalah tahap pembuatan maket rencana atap. Pembuatan maket ini dilakukan secara berkelompok dengan model atap yang sudah ditentukan sebelumnya.



Dokumentasi Penulis
Maket Struktur Rencana Atap

0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More