Sabtu, 25 April 2015

Anda Sering Merasa Malas? Jangan Dipelihara Tuh !



Setiap orang pasti pernah merasakan malas, yang berbeda hanyalah seberapa lama Anda terjebak dalam perasaan tersebut. Rasa malas selalu bermuara pada penundaan. Apapun pembelaannya, rasa malas akan selalu menuntun Anda pada penundaan. Di Jepang, orang-orang meyakini menunda pekerjaan sama saja dengan menambah pekerjaan. Jadi, jika Anda tak ingin beban Anda bertambah berlipat-lipat, lakukan segera yang harus Anda kerjakan. Jangan biarkan rasa malas mendikte Anda. Nah, di sini saya akan memberikan beberapa trik untuk melawan rasa malas yang tengah menyerang anda.


Selalu berfikir positif dan mengatakan “Alangkah Indahnya Pagi ini..!”
Rasa malas itu akan datang pada anda jika anda selalu punya fikiran negative. Mungkin anda bertanya bagaimana untuk menghilangkan fikiran negative dari dalam diri kita? Salah satu trik yang sangat sederhana adalah setiap pagi ketika anda bangun tidur, ketika mau berangkat kerja, dan atau ketika mau melaksanakan kegiatan lainnya, selalu biasakan mengatakan, “Alangkah Indahnya Pagi ini..!” atau “Alangkah Indahnya Pekerjaan Ini” Tulis kata-kata tersebut dikamar anda tepat di depan tempat tidur anda, sehingga ketika anda bangun, anda langsung membaca kata-kata tersebut. Praktekkan trik sederhana ini setiap kali anda mau melakukan kegiatan, maka sedikit demi sedikit fikiran negative dalam diri anda akan hilang dan berganti dengan yang positif dan rasa malaspun akan kabur dari anda.

Hidup Terorganisir
Salah satu cara mengatasi rasa malas paling jitu yang sudah terbukti sejak dahulu adalah dengan menjalani hidup yang terorganisir. Semua orang pasti memiliki banyak hal yang ingin dilakukan, namun kadang lingkungan membuat segalanya terlihat mustahil. Menurut ahli psikologi, ruangan yang berantakan akan membuat seseorang jadi lebih malas. Jadi, baiknya, rapikan sekeliling Anda, bersihkan yang kotor dan atur semuanya sehingga tampak lebih menyenangkan. Meski remeh, tapi hal ini berpengaruh pada semangat kerja.

Susunlah ‘To Do List’ Sebelum Tidur
Cara mengatasi malas selanjutnya adalah dengan menulsikan apa-apa yang harus Anda lakukan keesokan harinya. Kebanyakan dari kita, dijebak rasa malas karena tak tahu harus mengerjakan yang mana terlebih dahulu. Dengan To Do List, Anda jauh lebih terarah. Tulis semua hal kecil sampai hal besar yang harus Anda rampungkan, dimulai besok pagi saat Anda bangun.

Cek Pakaian Anda!
Lagi-lagi, peneliti menemukan fakta unik. Konon mereka yang menggunakan pakaian pekerja jauh lebih rajin dan produktif ketimbang mereka yang memakai kostum pemalas seperti celana pendek dan sandal jepit. Meski terkesan konyol, tapi tak ada salahnya Anda coba kan. Rasanya memang tidak lucu jika Anda sudah rapi tetapi malah malas-malasan di sofa. Konstum Anda menentukan seberapa produktif Anda!


Latihlah Kesadaran Waktu Anda
Salah satu kiat sukses banyak orang adalah kesadaran waktu yang cukup tinggi. Disiplin waktu ini tentu tidak didapat dengan sekejap mata. Butuh latihan, mungkin bulanan atau bahkan tahunan. Yang patut Anda tegaskan dalam diri Anda, bahwa dengan memanfaatkan waktu lebih baik, Anda akan mendapatkan hal terbaik dalam hidup. Mulailah dari To Do List Anda, lakukan sesuai dengan batas waktu yang Anda tetapkan.

Istirahat Cukup
Payah menentukan waktu istirahat akan membuat tubuh Anda susah berkonsentrasi. Yang terjadi bukannya produktif tapi tentu malas-malasan. Istirahat adalah hal mutlak yang harus Anda berikan pada tubuh. Jika tidak, hal yang sederhana pun akan sulit Anda lakukan termasuk berkonsentrasi.

Ciptakan Rasa Urgensi
Cara mengatasi malas selanjutnya adalah dengan peka pada urgensi suatu hal. Pikirkan hal apa yang mendesak Anda untuk merampungkan sesuatu. Akan selalu ketemu alasannya. Setelah Anda menemukannya, segera laksanakan!

Pikirkan Manfaat dan Apa yang Terjadi Jika Tidak Dilakukan
Cobalah latih diri Anda memikirkan manfaat setiap hal yang hendak Anda lakukan. Dengan demikian, hal tersebut akan lebih mudah dilakukan. Mau lebih jitu lagi? Bayangkan semua hal buruk jika hal tersebut tidak Anda lakukan!

Tuliskan Kemajuan dan Berilah Hadiah Pada Diri
Motovasi bisa datang dari prestasi kecil Anda. Namun, prestasi kecil ini kadang kita abaikan. Maka dari itu, tulislah dan kemudian cermati. Anda akan merasa diri Anda berguna. Bukan hal yang salah jika Anda menghadiahi diri sendiri dengan hal-hal menyenangkan.

Catat Dan Selalu Renungkan Goal/Tujuan Anda
Dengan mencatat dan merenungkan apa yang menjadi tujuan anda, maka anda akan selalu merasa tertantang untuk meraih kesuksesan itu, dan juga anda juga harus selalu yakin bahwa anda akan sukses. Karena meskipun anda mencatat Goal anda tapi anda tidak yakin bahwa anda akan sukses meraihnya, maka setiap saat anda melakukan kegiatan hanya hampa yang akan anda rasakan, karena tidak yakin kalau anda akan sukses.

Cermati Kemajuan Orang Lain
Cara terbaik memotivasi diri sendiri adalah dengan memelihara iri. Tapi iri ini bukan dengki tetapi bahan bakar untuk melakukan sesuatu agar sebaik orang lain. Bandingkan diri Anda dengan orang lain, dan selalu cari cara untuk melampauinya. Tapi ingat, jadi diri Anda sendiri, bukan duplikasi orang tersebut. Selain itu, iri ini bisa jadi negatif jika Anda hanya iri tapi tidak berusaha.

Tetapkan Hari Libur Untuk Bermalas-malasan
Setelah Senin ke Jumat Anda berusaha memaksimalkan waktu, di akhir pekan tak ada salahnya bermalas-malasan. Selain mengumpulkan mood dan energi, hari libur juga bisa Anda gunakan untuk melakukan hal-hal ringan yang Anda sukai. Tidur sepanjang hari misalnya.


Demikian beberapa tips dan trik untuk mengatasi rasa malas Anda. Semoga membantu!







0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More